Executive Search In Indonesia - Headhunters Indonesia

rimbun job linkedin rimbun job linkedin
rimbun job inquiry rimbun job inquiry
logo rimbun job
Info Center

RimbunLOVE - From a Brave Little Girl about Living

06 Mar 2014 / / News

info 2

6 Pelajaran dari Seorang Anak kecil Tentang bagaimana Menjalani Kehidupan yang penuh Kasih

 

“One word frees us of all the weight and pain of life: that word is love.” ~Sophocles

 

 

 

Sebuah Cerita mengenai kasih dari Kat Gal (http://www.happyhealthy365.com)

 

 

 

 

 

 

Saya tidak percaya sudah hampir empat tahun yang lalu ketika saya bertemu Holly . Kisahnya masih tertanam di dalam hatiku . Siapa yang akan berpikir bahwa seseorang dapat belajar banyak dari seorang anak sepuluh tahun ?

Pada saat itu, saya bekerja di Kenya sebagai peneliti hak anak-anak . Mengetahui tentang latar belakang pendidikan psikologi saya, kepala sekolah dasar tempat saya bekerja bertanya apakah saya bisa berbicara dengan salah satu siswa mereka . Pada awalnya saya agak ragu, karena sisa waktu di Kenya hanya tinggal beberapa bulan dan saya pikir saya tidak cukup memenuhi syarat.

Kemudian saya ingat: selalu bertanya, "Bagaimanakah saya bisa melayani?” dalam setiap situasi

Saya tahu itu adalah tempat bagi saya untuk melayani. Jadi meskipun saya tidak memiliki lisensi terapis resmi di negara asal, akhirnya saya setuju untuk bertemu dengan Holly .

Selama musim dingin itu saya menjadi konselor Holly. Saya mendengarkan ceritanya , memberikan dukungan penuh , dan memberinya cinta tanpa syarat . Tapi pada akhirnya , dialah yang memberi saya jauh lebih banyak .

Ketika dia berumur empat tahun, Holly diperkosa oleh ayahnya , tertular STD yang menyebabkan segala macam masalah kesehatan baginya, termasuk ruam yang terlihat  di seluruh kulitnya .

Tidak hanya masalah ruam nya yang gatal dan membuatnya merasa tidak nyaman , tetapi anak-anak di sekolah , terutama anak laki-laki , terus mencemoohnya.


"Anak-anak melempar batu ke arahku . Mereka mengatakan bahwa saya memiliki HIV. Mereka mengatakan bahwa saya bukan anak kecil lagi tapi pelacur . Tapi saya hanya seorang anak kecil . Saya ingin menjadi seorang anak kecil pada umumnya  " katanya padaku .

Di rumah , hidupnya tidak lebih baik : tinggal di daerah kumuh, ia menghadapi kemiskinan . Ibunya yang emosional menghapus serta mengabaikannya dan membuatnya bertanggung jawab untuk semua tugas rumah, dari memasak hingga merawat  adik-adiknya.  Ia juga takut pada pamannya yang seorang alkoholik yang secara rutin mengunjungi mereka. Daftar penderitaannya semakin kian bertambah.

Holly sangat ingin dicintai dan diperhatikan . Dia selalu sangat bersyukur bagi siapa saja yang ada di sana untuk dia, dan dirinya memancarkan kebaikan dan kasih setiap saat melalui senyumnya yang indah.

Berada di lingkungan ini sebagai peneliti pada topik kekerasan terhadap anak , saya tahu bahwa Holly tidak sendirian. Dia bukan satu-satunya anak yang membuka hatinya kepada saya . Tapi dia salah satu yang termuda, namun juga salah satu yang paling berpengaruh di antara mereka .

Holly telah mengajarkan saya beberapa pelajaran hidup yang saya percaya bersifat universal terlepas dari keadaan hidup kita .
 

1 . Jangan pernah menyerah

Holly telah melalui begitu banyak penderitaan, namun dia tidak pernah menyerah untuk berharap, bermimpi, dan mencoba. Dia berbicara tentang masa depannya seakan-akan segalanya akan berubah menjadi lebih baik.

Selama kita hidup, kita memiliki pilihan untuk terus mencoba untuk memperbaiki hidup kita .

Kadang-kadang kita menyerah pada mimpi kita terlalu dini karena kita tidak yakin jika kita bisa berhasil . Menyerah tidak akan memberikan kita jaminan apapun.

Tapi bagaimana kalau kita gagal , Anda mungkin bertanya-tanya. Dalam kamus saya tidak ada hal seperti kegagalan : hanya keberhasilan dan pelajaran . Bahkan jika kami tidak mencapai tujuan kami, kami akan berkembang dan belajar melalui proses ini dan perkembangan ini kadang-kadang memberikan hasil akhir yang lebih sukses.


2 . Gunakan imajinasi Anda

Holly membayangkan kehidupan yang lebih baik untuk dirinya sendiri dan ia membuat cerita , puisi , dan gambar untuk menggambarkan mimpinya. Dia menggambarkannya dengan begitu jelas, seolah-olah dia telah hidup di masa depan yang bahagia.

Anak-anak memiliki imajinasi liar. Sebagai orang dewasa kita sering lupa tentang  alat yang indah ini, disibukkan dengan pekerjaan , keluarga , dan tanggung jawab lain dalam hidup .

Jika kita ingin menciptakan kehidupan seperti dalam impian kita adalah penting  bagi kita untuk menggunakan imajinasi kita,  karena imajinasi kita memungkinkan kita untuk mengalami apa pun yang kita inginkan. Memvisualisasikan hal-hal yang baru merupakan langkah pertama untuk menciptakan masa depan kita .
 

3. Berbagi

Suatu hari Holly muncul dengan beberapa buah permen yang dia dapatkan dari seorang sukarelawan di sekolah. Dia menawarkan permen itu kepada saya . Dia tidak punya banyak permen - pada kenyataannya, dia memiliki sedikit - namun dia ingin berbagi sedikit dengan orang lain .

Dia juga berbagi hidupnya dengan saya. Berbagi ceritanya, kesedihannya, kegembiraan, mimpinya, dan seninya berarti segalanya bagi saya. Saya merasakan kasih dan saya mengasihinya.

Berbagi adalah kepedulian, berbagi menciptakan suatua hubungan,  berbagi menciptakan kasih. Anda dapat berbagi begitu banyak dengan dunia: Anda dapat menyumbang untuk amal, anda dapat berbagi makanan dengan teman dan keluarga, anda dapat berbagi cerita melalui blog, anda dapat berbagi pengalaman melalui kopi, anda dapat berbagi kebahagiaan anda, dan anda dapat berbagi kasih yang anda miliki. Tunjukkan kasih anda – berbagi dengan apa yang Anda miliki .


4 . Menerima Dukungan

Holly mengakui bahwa ia membutuhkan dukungan untuk keluar dari situasi dirinya, dan dia mau menerima dukungan dari mana saja. Dia menerima dukungan keuangan melalui sumbangan dari para relawan . Dan dia menerima dukungan psikologis melalui persahabatan dari siapa saja yang menawarkan kepadanya .

Dia tidak pernah merasa bersalah dengan menerima dukungan mereka. Dia tahu dalam hatinya bahwa suatu hari nanti ia akan membayar hal itu semua, membantu anak-anak dengan situasi yang sama. Untuk saat ini, dia mengembalikan apa yang dia bisa kembalikan -  kasih dan rasa syukurnya.

Menerima dukungan bukanlah suatu tanda kelemahan. Kita tidak bisa selalu melakukannya sendiri . Terimalah dukungan jika Anda membutuhkannya dan bersyukurlah. Karma akan terus berjalan. Anda dapat membantu seseorang pada waktu berikutnya .


5 . Jadilah baik

Holly adalah seorang gadis kecil yang rapuh yang menerima rasa sakit dari segala arah dalam hidup, namun dia selalu tersenyum. Sering kali, saya sangat terkejut betapa banyak kebaikan yang dia dapat tawarkan.

Kebaikan adalah respon radikal dari penderitaannya. Saya pikir dia sejak awal percaya bahwa jika dia berbuat baik, karma baik akan datang kembali padanya untuk membantu membalikkan keadaannya . Saya tahu bahwa menjadi baik juga dapat menjadikannya bahagia karena dia juga dapar membawa keceriaan bagi yang lainnya.

Dunia membutuhkan kebaikan dan tidak lebih dari hal itu. Hal ini juga dapat menjadi salah satu hadiah terbesar bagi seseorang karena hal tersebut merupakan tanda kepedulian, kasih , dan kebahagiaan . Bila Anda memiliki pilihan: pilihlah selalu kebaikan.


6. Kasih

Holly memiliki hati terbesar. Saya benar-benar percaya bahwa gadis kecil ini selalu datang dari sudut pandang kasih.


Kita semua lahir dengan kasih yang besar dan sebagai anak-anak kita lebih cenderung untuk secara terbuka berbagi dengan dunia. Bertumbuh-kembang, kita menutup semakin banyak pintu dalam hati kita dan diperkeras lagi dengan pengalaman – pengalaman kita. Kemudian kita memiliki waktu yang sulit mengungkapkan kasih kita sebagai orang dewasa.

Saya mendorong anda untuk membuka kembali pintu-pintu tersebut. Biarkan hati anda bersinar kepada dunia dan mengekspresikan kasih anda .

Mengekspresikan kasih tidak harus sulit: Sebuah senyuman, pelukan , catatan yang penuh kasih, sebuah email yang penuh kasih, sebuah masakan dari rumah, bunga, kejutan kecil, atau sebuah tindakan kecil yang serupa dapat mengekpresikannya. Tentu saja, kata-kata " Aku mencintaimu " bisa menjadi yang paling kuat ketika disampaikan langsung dari hati kita.

Tidak akan pernah berlebih Kasih bagi dunia ini. Jadi pilihlah Kasih, mengasihi, hidup dalam Kasih, hanya Kasih, selalu Kasih .

-

Karena berstatus rahasia saya tidak dapat mengikuti perkembangan kisah hidup Holly. Saya tidak yakin apa yang terjadi padanya . Saya bahkan tidak tahu apakah dia masih hidup. Tapi saya selamanya akan ingat Kisah dirinya, senyumnya , kasihnya , dan pelajaran yang telah ia ajarkan kepada saya .

Holly, di manapun kamu berada, kamu selalu berada di hati saya dan mengirimkan beberapa getaran penuh kasih

 

Contributor

Diningsih Bayu Sari (BDM)

(diningsih@rimbunjob.com)